pasar saham asia - PT Rifan Financindo Berjangka

Foto: ist

PT Rifan Financindo Berjangka – Bursa saham Asia mayoritas dibuka menguat pada perdagangan Kamis (21/1/21), mengikuti bursa saham Wall Street yang ditutup melonjak pada Rabu (20/1/21) waktu setempat pasca pelantikan Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Joe Biden.

Tercatat hanya indeks Hang Seng Hong Kong yang dibuka di zona merah, yakni melemah tipis 0,15%. Sedangkan sisanya dibuka di zona hijau, indeks Nikkei Jepang dibuka menguat 0,66%, Shanghai Composite China tumbuh 0,22%, Straits Times Index (STI) Singapura terapresiasi 0,16%, dan KOSPI Korea Selatan melesat 0,79%.

Pelaku pasar di kawasan Asia kemungkinan sedang menunggu dan memantau pernyataan dari Bank of Japan (BoJ) terkait kebijakan moneternya yang diperkirakan akan dilaksanakan sekitar pukul 11:00 waktu setempat atau pukul 10:00 WIB.

 

Sementara itu, data ekspor-impor Negeri Sakura telah dirilis pada pagi hari ini. Dilansir dari Trading Economics, data ekspor Jepang periode Desember 2020 tumbuh ke angka 2%, dari sebelumnya terkontraksi 4,2% (year-on-year/yoy). Sedangkan impor Jepang pada Desember 2020 masih kontraksi 11,6% (yoy).

Beralih ke AS, bursa saham Wall Street ditutup menggembirakan pada perdagangan Rabu (20/1/21) waktu setempat, setelah Presiden terpilih Joe Biden resmi menjadi Presiden AS ke-46.

Indeks Nasdaq memimpin dengan penguatan nyaris 2% ke 13.457,25. Sementara Dow Jones menguat 0,83% ke 31.188,38, indeks S&P 500 melesat 1,39% ke 3.651,85.

Rencana stimulus fiskal sebesar US$ 1,9 triliun yang akan digelontorkan Biden menjadi pemicu penguatan Wall Street. Dengan stimulus tersebut diharapkan perekonomian AS bisa bangkit lebih cepat, begitu juga dengan penanggulangan Covid-19.

“Isu lainnya bisa mundur dulu dikalahkan oleh perhelatan di Washington karena investor mencari perubahan kebijakan yang besar ke depannya dan outlook pemerintahan yang baru,” tutur Kepala Perencana Pasar TD Ameritrade JJ Kinahan kepada CNBC International.

Proposal stimulus Biden memasukkan bantuan langsung tunai (BLT) senilai US$ 1.400 ke warga AS dan perpanjangan tunjangan penganggur serta bantuan untuk pemerintahan lokal dan negara bagian. Demikian juga dengan dana penanggulangan pandemi dan program vaksinasi.

TIM RISET CNBC INDONESIA (chd/chd)

Sumber : CNBC Indonesia
Baca Juga :

Info Lowongan Kerja

Rifan Financindo
PT Rifan Financindo
PT Rifan