PT Rifan Financindo – PALEMBANG – MENJADI pemimpin yang baik bagi sebuah tim bukanlah hal yang mudah dilakukan. Banyak tantangan yang harus dihadapi untuk menyatukan berbagai ‘isi kepala’ dan membuat mereka bergerak untuk satu tujuan. Katanya, ada beda bos dan pemimpin.

Untuk itu, jika dibebankan tanggung jawab sebagai pemimpin tim atau divisi di kantor maka tidak boleh menganggapnya remeh. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar dapat menjadi pemimpin yang baik di tempat kerja, apa saja? Simak ulasannya!

Pelajari dahulu seputar manajemen risiko

Sebagai seorang pemimpin, wajib memahami manajemen risiko. Hal ini merupakan suatu pendekatan terstruktur untuk mengelola ketidakpastian menggunakan atau memanfaatkan sumber daya yang dimiliki.

Simpelnya, pemimpin harus tahu risiko-risiko segala keputusan yang diambil dan bagaimana cara mengendalikan, menghindari, mengelola, sampai meminimalisir risiko dari keputusan yang diambil.

Bangun rasa kepercayaan dengan tim

Pemimpin yang baik harus membangun kepercayaan dengan tim. Pasalnya, membangun rasa kepercayaan merupakan kemampuan yang sangat penting dan harus dimiliki seorang pemimpin yang kompeten.

Untuk meyakinkan tim dapat mempercayai diri kalian bukanlah hal yang mudah, karena setiap orang memiliki persepsi yang berbeda. Sehingga jika ingin memiliki kepercayaan dari tim, maka cobalah untuk menjadi orang yang terbuka dalam urusan pekerjaan.

Bekerja sama, bukan mempekerjakan tim

Ingat, pemimpin dan bos adalah dua peranan yang berbeda. Jika ingin menjadi seorang pemimpin, maka kalian harus mau bekerja sama dengan tim bukan mempekerjakan tim.

Jangan malu untuk ‘turun gunung’ ketika tim mengalami kesulitan dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan, bantulah mereka untuk dapat menyelesaikan masalah dengan memberikan contoh serta bimbingan.

Perbaiki cara berkomunikasi, gunakan bahasa yang baik dan sesuai dengan situasi

Kalau yang satu ini memang sudah jadi harga mati. Apabila seseorang ingin jadi pemimpin yang baik, maka harus pandai dalam berkomunikasi. Biasakanlah untuk menggunakan bahasa yang baik, intonasi yang tepat saat berbicara, dan pastinya harus sesuai dengan situasi dan kondisi.

Pelajari masalah terlebih dahulu, baru kasih solusi

Biasakan untuk tidak ‘langsung terima’ jadi saja jika ada sebuah masalah, cobalah untuk mengerti suatu masalah dengan baik baru mencari cara untuk menyelesaikannya.

Ibarat seorang dokter, coba dengarkan keluhan dari pasien, dan periksa kondisinya terlebih dahulu baru cari obat yang tepat sesuai dengan penyakit yang diderita. Begitu juga dalam bekerja sebagai pemimpin tim, pelajari dulu informasi-informasi seputar masalah apa yang dihadapi barulah memberikan solusi.

Jadilah seorang pemimpin yang dapat menginspirasi

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang bisa menginspirasi orang-orang yang dipimpinnya. Ya, bersiaplah untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki oleh orang di sekitarmu terutama tim yang pimpin.

Cobalah untuk berbagai cerita keberhasilan yang kalian dapatkan, bagaimana proses yang perlu dilalui untuk mencapainya. Karena hal ini bisa menginspirasi mereka, dan membuat tim menjadi lebih terikat satu sama lain dan bekerja lebih keras untuk memberikan hasil yang terbaik.

Terakhir, bantulah tim untuk tumbuh dan berkembang

Selain hal-hal yang disebutkan di atas, sebagai seorang pemimpin tim harus bisa membuat tim nya tumbuh dan berkembang menjadi lebih baik dari berbagai hal. Mereka akan menaruh rasa hormat kepada kalian jika berhasil membimbing mereka untuk tumbuh dan berkembang.

Berbagai pengetahuan dan pengalaman, memberikan bimbingan dalam bekerja, adalah kunci untuk membantu mereka berkembang menjadi lebih baik dari karier saat ini.

(dnb)

Sumber : Okezone

PT Rifan Financindo