Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang diderita oleh kebanyakan orang. Jerawat akan timbul dimana pori-pori kulit tersumbat dan menyebabkan kantung nanah meradang. Jerawat pada dasarnya tumbuh dibagian wajah, leher dan punggung. Penyebabnya pun beraneka macam, tergantung setiap individu contohnya saat masa menstruasi, pemakaian pil KB, stress, kurang tidur, atau bahkan jarang mencuci muka. Penyebab jerawat telah diringkas di artikel sebelumnya, dan diartikel sekarang mari kita ulas lebih dalam tentang cara menghilangkan jerawat secara alami.

Ketika anda terkena masalah jerawat, hal yang difikiran anda adalah cara cepat untuk menghilangkan jerawat tersebut, hingga anda membeli produk pasaran yang mengandung bahan kimia agar jerawat anda cepat sembuh. Santai saja ladies, produk kecantikan yang praktis seharusnya patut dicurigai dari bahan komposisinya. Tidak usah takut dengan keadaan jerawat baru pada wajah anda, anda dapat mengobatinya secara perlahan tapi pasti.

Cara Menghilangkan Jerawat Pada Wajah :

1. Putih Telur

putih telur

Putih telur mengandung zat peptidanya terbesar, kandungan putih telur ini bila dikonsumsi tidak mengandung banyak lemak yang menggemukan badan, bila digunakan pada wajah untuk masker, putih telur dapat mengencangkan kulit wajah agar tetap awet muda, putih telur juga bermanfaat untuk menyamarkan noda bekas jerawat dan menghilangkan jerawat. Cara masker putih telur sangat gampang, anda dapat pisahkan putih telur dengan kuning telur tersebut lalu ambil putih telurnya kocok sebentar lalu oleskan pada wajah anda selama 15 menit.

2. Pasta Gigi

pasta gigi

Sebelum mengetahui lebih lanjut manfaatnya, ada baiknya anda ketahui pasta gigi yang digunakan disini harus berbentuk pasta bukan gel. Salah satu pasta gigi yang berada dipasaran adalah pepsodent, dan pasta gigi berbahan gel adalah close up. Sangat menakjubkan bukan? Pasta gigi tidak hanya berguna untuk membersihkan kotoran pada gigi, ternyata dapat membersihkan kotoran pada wajah. Penggunaannya pun sangat simpel, setelah anda membersihkan wajah anda, oleskan pasta gigi ke bagian jerawat lalu diamkan semalaman.

3. Tomat

tomat

Tomat mengandung vitamin C dan vitamin A. Vitamin C pada tomat lebih tinggi dibandingkan dengan jeruk. Tomat juga mengandung antioksidan, antioksidan inilah yang dapat membantu menghilangkan jerawat, bahkan jerawat hitam sekalipun. Khasiat tomat dalam dunia kecantikan wajah belum banyak diketahui orang-orang, padahal khasiatnya tidak kalah dengan daun lidah buaya. Cara penggunaan masker tomatpun sangat gampang, anda cukup belah buah tomat menjadi dua lalu haluskan dengan cara diblender, lalu oleskan pada wajah selama kurang lebih 15 menit, anda dapat aplikasikan dengan bahan lain seperti madu, susu, air perasan jeruk nipis untuk mendapatkan kulit wajah yang kencang. Lakukan masker tomat ini selama 2 ? 5x dalam sehari dan rasakan perbedaan pada kulit wajah anda.

4. Bawang Putih

bawang putih

Bawang putih mengandung antibiotik alami untuk kesehatan tubuh. Tidak heran bawang putih dijadikan ramuan alami oleh beberapa negara pada zaman dulu, salah satunya Cina. Bila dimakan, bawang putih dapat menjaga kesehatan jantung, telinga, kulit, menghindari penyakit diabetes dan lain-lain. Dan jika digunakan masker, dapat mengempeskan jerawat. Caranya tidak sulit, tumbuk bawang putih lalu oleskan pada wajah yang berjerawat. Lakukan perawatan ini selama 10 menit. Jika ukuran jerawat masih kecil, ada kemungkinan jerawat akan mengempes keesokan harinya.

5. Lidah Buaya

lidah buaya

Lidah buaya sudah terkenal didunia kecantikan untuk kesuburan rambut, namun ternyata lidah buaya memiliki manfaat lain salah satunya dapat menghilang jerawat. Pada zaman Cleopatra 70% produk kosmetik mengandung gel lidah buaya, lidah buaya diyakini mengandung zat lignin yang dapat menembus ke dalam permukaan kulit, maka masker ini akan membuat kulit tidak cepat kering dan tetap lembab. Caranyapun hanya mengoleskan kewajah saja, lalu biarkan selama 15 menit lalu bilas.

6. Parutan Jagung

parutan jagung

Jagung mengandung vitamin A yang dibutuhkan oleh kulit untuk menjaga elastisitas kulit. Parutan jagung bermanfaat untuk anda yang ingin tampil awet muda, vitamin C pada jagung dapat mencegah tumbuhnya jaringan parut yang menyebabkan kulit cepat keriput. Anda dapat mengaplikasikan dengan madu pada masker parutan jagung tersebut. Namun jagung yang dipilih haruslah jagung muda segar. Caranya anda dapat tumbuh atau blender jagung yang telah dicampurkan madu. Jika sudah halus oleskan pada wajah hingga mengering sekitar 20-30 menit.

7. Ampas Teh Hitam

ampas teh hitam

Masker ini sangat gampang didapat jika anda penikmat teh hitam, teh hitam mengandung antioksidan yang banyak sekali khasiatnya untuk wajah kusam dan berjerawat. Jika anda ingin tampil awet muda dapat menggunakan ampas teh hitam untuk masker wajah anda. Caranya cukup ambil ampas teh hitam, lalu oleskan pada wajah. Anda dapat membilas wajah dengan air tehnya.