JAKARTA – Meningkatkan keahlian melalui sertifikasi dinilai penting agar individu mampu bersaing di kancah internasional. Terlebih lagi, mengingat telah diberlakukannya era pasar perdagangan bebas atau yang dikenal dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Adapun salah satu industri di Tanah Air yang tengah giat memberlakukan sertifikasi ini adalah perusahaan agen properti (broker).

Ketua DPD Asosiasi Real Estat Broker Indonesia (Arebi) DKI Jakarta, Lukas Bong menargetkan sepanjang 2016 ini sebanyak 500 broker yang menjadi anggota Arebi sudah tersertifikasi. Menurut dia, anggota Arebi terdiri dari 390 kantor, yang masing-masingnya memiliki rata-rata 10 orang broker.

“Janjikan tahun ini bisa ada sekira 500 broker yang sudah tersertifikasi,” ujarnya kepada Okezone saat ditemui usai konferensi pers roadshow Arebi di Hotel Santika Kelapa Gading, Jakarta.

Dia menjelaskan, tahun ini sudah memulai pelatihan (training) sertifikasi dan telah menghasilkan dua angkatan, di mana masing-masing angkatan ada sekira 40-50 broker yang mengikuti dan sudah tersertifikasi.

“Kita sudah mulai dua angkatan, sudah ada 40-50 broker yang sudah tersertifikasi,” imbuh dia.

Meski demikian, dalam target yang lebih luas, dia menuturkan seluruh anggota Arebi yang mencapai kurang lebih 4 ribu orang broker tersebut, sudah tersertifikasi pada akhir 2017.

“Berharap tahun 2017 akhirnya semua sudah tersertifikasi,” tuturnya.

(rzk)

Sumber : http://economy.okezone.com/read/2016/03/16/470/1337552/500-broker-properti-sudah-tersertifikasi-di-2016