JAKARTA – Beberapa sentimen global masih membayangi pergerakan pasar baik di Indonesia maupun negara-negara lain. Terdapat setidaknya lima sentimen global dan lima agenda ekonomi dunia yang memberikan pengaruh bagi pasar.

Berikut rinciannya seperti dikutip dari riset IDX Channel, Rabu (20/4/2016):

Sentimen Ekonomi Global

1. Kementerian Tenaga Kerja Amerika Serikat mengumumkan pertumbuhan Indeks Harga Konsumen (IHK) atau inflasi di perkotaan mencapai 0,1 persen selama Maret dari tahun sebelumnya, melambat dari Februari yang mencapai 0,3 persen.

2. Data Kementerien Perdagangan AS menyebutkan pembangunan rumah baru di Amerika Serikat selama Maret turun sebesar 8,8 persen dari periode yang sama tahun lalu menjadi 1,09 juta unit. Ini merupakan angka terendah sejak Oktober 2015. Selama Februari pembangunan rumah baru mencapai 1,19 juta unit. Angka ini juga di bawah ekspektasi ekonom yang memprediksi sebanyak 1,17 juta unit. Data ini menunjukkan pemulihan ekonomi AS belum sesuai harapan. Produk Domestik Bruto atau ekonomi AS selama kuartal pertama tahun ini diprediksi tumbuh sebesar 0,2 persen dari periode yang sama tahun lalu. Pada kuartal keempat tahun 2015, ekonomi tumbuh sebesar 1,4 persen (yoy).

3. China (Tiongkok) akan membatasi aktivitas bisnis swasta yang dimiliki dan berkaitan dengan pejabat dan pegawai negeri sipil. Langkah ini merupakan upaya Partai Komunis untuk memberantas korupsi dan memanfaatkan jabatan untuk mengembangkan bisnis keluarga. Kebijakan ini akan dimulai dari Beijing, disusul Kota Chongqing, kemudian Provinsi Guangdong dan kawasan Xinjiang.

4. International Business Machines Corp (IBM) melaporkan pendapatan kuartal pertama tahun ini terburuk dalam 14 tahun terakhir, karena bisnis baru cloud dan mobile computing gagal mengimbangi penurunan dalam bisnis tradisional. Akibatnya, saham IBM turun hampir 5 persen. Pendapatan perusahaan jasa teknologi terbesar di dunia ini turun 4,6 persen menjadi USD18,68 miliar pada kuartal pertama. Meski mengalami penurunan, namun laba ini mengalahkan estimasi para analis sebesar USD18,29 miliar.

5. Anak usaha Alibaba Group Holding (BABA) yang bergerak di bidang keuangan, yaitu Zhejiang Ant Small & Micro Financial Services Group Co akan menggelar penawaran saham umum perdana (IPO) di Bursa Shanghai, China tahun ini. Ini akan menjadi IPO terbesar sejak tahun 2010. Target perolehan dana setidaknya sekitar USD3,5 miliar. Sedangkan total nilai perusahaan diperkirakan mencapai USD60 miliar.

[Baca juga: Simak Sentimen Dalam Negeri yang Akan Pengaruhi Pasar]

Agenda Ekonomi Global

1. Rilis data penjualan rumah AS

2. Data cadangan minyak AS

3. Rilis data indeks harga produksi Jerman

4. Rilis data klaim pengangguran dan tingkat pengangguran Inggris

5. Rilis data neraca perdagangan Jepang

(rai)

Sumber : http://economy.okezone.com/read/2016/04/20/278/1367584/5-sentimen-ekonomi-global-yang-akan-pengaruhi-pasar