PT Rifan Financindo – YOGYAKARTA – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DIY mewajibkan perusahaan memberikan tunjangan hari raya (THR) kepada karyawannya sesuai aturan yang berlaku. Jika tidak mampu, maka perusahaan diberi waktu mengajukan penangguhan sebelum H-7 Lebaran.

Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Perlindungan Tenaga Kerja Disnakertrans DIY Ariyanto Wibowo mengatakan, pihaknya sudah membuka posko aduan THR.

Posko ini menerima aduan dari para pekerja dan perusahaan di wilayah DIY terkait THR.

?Posko resmi kami buka untuk menerima aduan soal THR,? kata Ariyanto.

Dia berharap perusahaan bisa membayarkan THR kepada karyawan sesuai dengan batas waktu yang ditetapkan.

?Jika perusahaan sedang mengalami kesulitan keuangan, mereka harus mengomunikasikan kepada kami paling lambat H-7 sebelum Lebaran,? kata Ariyanto.

Menurut Ariyanto, jika laporan penangguhan tersebut sudah masuk, Disnakertrans DIY akan menindaklanjuti sehingga tidak terjadi kesalahpahaman.

?Prinsipnya, perusahaan harus tetap membayarkan THR para karyawan, tapi bisa dilakukan bertahap,? katanya.

Ariyanto mengatakan, di DIYada 3.886 perusahaan. Mereka sebenarnya masuk kategori wajib memberikan THR. Jika perusahaan tidak membayarkan THR, mereka akan mendapat sanksi bertahap mulai dari teguran lisan, teguran tertulis, hingga pencabutan izin usaha.

?Selain itu, mereka juga akanmendapat denda5% dari THR yang seharusnya dibayarkan,? kata Ariyanto.

Berdasarkan pengalaman tahun lalu, ada empat perusahaan menunda pembayaran THR. Ariyanto berharap tahun in iempat perusahaan tersebut siap membayarkan THR.

?Kalau dua kali berturut- turut tidak membayarkan THR, maka izin usahanya bisa dicabut,? katanya.

Ketua Komisi D DPRD DIY Yoserizal meminta kepada Disnakertrans DIY memantau intensif perusahaan dalam pemenuhan kewajibannya membayarkan THR. Jika ada laporan masuk dari karyawan, maka harus langsung ditindaklanjuti.

Menurut Ariyanto, dalam ketentuan aturan sudah jelas bahwa perusahaan wajib memberikan THR pada H-7 Lebaran. ?Besarannya juga sudah ditentukan. Aturan itu harus dipegang dan dilaksanakan,? kata Yoserizal.

(dni)

Sumber : Okezone