Cara Aman dan Mudah Menjaga Laptop Baru Anda Tidak Rusak

1. Bongkar Pasang

Ini yang sangat amat harus Anda hindari, pasalnya tak jarang jika komputer portable mengalami masalah maka Anda agak ?gatel? untuk membongkar lalu memasangnya kembali. Meskipun hanya komponen kecil dan Anda ketahui kerusakannya maka hindari untuk membongkarnya. Jika memang dalam keadaan darurat, maka lakukan komunikasi dengan ahlinya untuk melakukan reparasi bongkar pasang. Hal ini untuk menghindari kesalahan kecil namun bisa berakibat fatal.

2. Antivirus

Untuk menjaga laptop baru Anda tidak rusak,? hati-hatilah terhadap infeksi virus yang disebabkan dari USB dongle saat perpindahan data. Perhatikan juga ketika melakukan download data melalui jaringan internet. Jika tak dilengkapi dengan pertahanan antivirus sebaiknya jangan terlalu memaksakan menanam software temuan dari media internet. Yang ditakutkan aplikasi itu terselip virus yang dapat membuat kinerja laptop menurun.

3. Sinar Matahari Langsung

Sebisa mungkin untuk tetap melakukan aktivitas luar ruangan dengan menggunakan laptop namun terlindung dari sengatan matahari langsung. Selain sulit untuk melihat layar, bagian monitor akan melemah daya pancarnya karena sengatan matahari langsung mampu merusak elemen cairan pemancar gambar atau LCD. Apalagi dalam waktu yang cukup lama, dipastikan layar akan terganggu dan bermasalah.

4. Hindari Benturan

Baik benturan kecil ataupun besar, sebaiknya dihindari. Meski sedikit benturan namun sering maka akan terjadi pergeseran elemen atau komponen perangat keras dari komputer jingjing Anda. Justru benturan kecil namun sering inilah yang agak berbahaya ketimbang benturan keras atau kencang namun hanya sesekali. Tapi usahakan untuk tetap tidak terbentur, caranya, Anda bisa membiasakan menggunakan pelindung karet atau tas penyimpan yang dilengkapi lapisan pelindung benturan.

5. Kipas

Ekstra kipas guna meringankan suhu didalam laptop sangat membantu, apalagi pemakaian dalam watu yang cukup lama atau nonstop lebih dari 20 jam, sebaiknya mengunakan cooling pad atau ekstra kipas sebagai pendingin suhu laptop. Harga kipas tambahan ini dibanderol sekitar 50-80 ribuan dan bisa didapat di toko komputer terdekat kota Anda.

6. Hindari Medan Magnet

Tak hanya komputer, apapun yang memiliki resonansi atau penghantar listrik untuk memvisualkan sebuah gambar akan terganggu dengan medan magnet. Televisi, handphone hingga internet tablet, semua perangkat tersebut akan cepat rusak jika kerap berdekatan dengan medan magnet. Untuk itu, hindari medan magnet untuk menjaga laptop Anda agar tetap awet.

7. Charging

Usahakan untuk melakukan pengisian ulang baterai tidak berlebihan, jika indikator baterai sudah menunjukkan penuh maka segera melepaskan kabel charger dari port. Terlalu lama pengisian jika sudah penuh akan mengakibatkan baterai bocor. Tak hanya itu, adapter pengisi yang ditancapkan langsung menuju sumber listrik juga bisa mengalami kerusakan.

8. Stabilizer

Jika memungkinkan, gunakan alat penetralisir sumber listrik saat melakukan pengisian ulang atau saat kabel charger tertancap di laptop. Hal ini dipercaya akan meredam kejutan arus listrik yang ada dalam sebuah area. Perlu Anda ketahui bahwa di area tertentu atau sebuah rumah, arus listrik yang mengalir berubah-ubah, untuk itu keamanan dengan stabilizer akan lebih menjaga komponen hardware lebih aman dan awet.

9. Membersihkan permukaan secara Berkala

Ini sangat mudah, tetapi jangan Anda remehkan. Usahakan pembersihan permukaan secara berkala dengan menggunakan kuas halus pada layar, terutama pada bagian keyboard. Jika perlu dengan lap lembut dan cairan pembersih khusus dan aman untuk barang elektronik.

10. Penyimpanan

Meski terlihat kokoh, namun jangan menyimpan dengan cara menumpuk atau menindih laptop. Kesing luar cukup rentan karena terbuat dari plastik sintetis yang tak terdapat tulang di bagian tengah. Usahakan juga menyimpan dengan tas laptop dengan spon pelindung dan pastikan lampu indikator terlebih dulu mati semua sebelum melipat dan menyimpan. Lebih baik lagi jika suhhu sudah dalam keadaan dingin.

 

10 Perhatian Khusus Untuk Menjaga Laptop Baru Anda Rusak

Itulah 10 cara aman untuk menjaga agar laptop baru milik Anda tidak rusak serta tetap memiliki performa kencang dan awet. Harga laptop yang cukup tinggi saat ini tentu diperlukan cara untuk menjaga agar tetap prima, sayang sekali jika perangkat ini rusak begitu saja dan tidak bisa dipakai karena hanya kesalahan sepele.

 

SUMBER : http://www.pricearea.com/artikel/10-perhatian-khusus-untuk-menjaga-laptop-baru-anda-tidak-rusak/